Pengertian Sistem Informasi, Analisis Sistem, Kebutuhan Dan Kebutuhan Perangkat Lunak.



Sistem
            Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem Infomasi
           Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah Sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara user, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Analisis Sistem
Pengertian Analisis Sistem

Analisis sistem ialah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan yang telah ditentukan. Analisis sistem terdiri dari mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi penyebabnya, menentukan solusi dan mengidentifikasi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh system.

Fungsi Analisis Sistem

Adapun beberapa fungsi dari sistem analisis yang diantaranya yaitu:

1.    Dapat menidentifikasikan berbagai masalah dari pemakai “user”.

2.    Menentukan secara jelas mengenai sasaran yang harus dicapai untuk dapat memenuhi kebutuhan pemakai.

3.    Dapat memilih metode alternatif dalam memecahkan masalah pada sistem.

4.    Dapat merencanakan maupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan pemakai.
Sumber

                                                Kebutuhan Perangkat Lunak
Pengertian Kebutuhan Perangkat Lunak
          Kebutuhan Perangkat Lunak adalah kondisi, kriteria, syarat atau kemampuan yang harus dimiliki oleh perangkat lunak untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai. ... contoh : perangkat untuk input data dapat berupa keyboard, mouse, dan scanner.



Secara kategoris, ada tiga buah jenis kebutuhan perangkat lunak :
1. Kebutuhan fungsional (functional requirement) Disebut juga kebutuhan operasional, yaitu         kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi.


2. Kebutuhan antarmuka (interface requirement) Kebutuhan antarmuka yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis

data.dikerjakan oleh perangkat lunak.



3. Kebutuhan unjuk kerja (performance requirement) Kebutuhan yang menetapkan karakteristik unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak, misalnya: kecepatan, ketepatan, frekuensi.


Sumber https://slideplayer.info/slide/2285951/ 

Analisis Kebutuhan

Pengertian Analisis Kebutuhan 

       Analisis kebutuhan
       Analisis kebutuhan merupakan proses menemukan,memperbaiki,memodelkan dan menspesifikasikan. Dengan kata lain bahwa analisa kebutuhan adalah sebuah proses untuk mendapatkan informasi, model, spesifikasi tentang perangkat lunak yang diinginkan klien/pengguna. Kedua belah pihak, yaitu klien dan pembuat perangkat lunak.

Tujuan Analisis Kebutuhan :

  •   Mengolah hasil elisitasi kebutuhan untuk menghasilkan dokumen spesifikasi kebutuhan yang isi keseluruhannya sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna (Liu and Yen, 1996)
  • Mengembangkan persyaratan kualitas yang memadai dan rinci, dimana para manajer dapat membuat perkiraan proyek yang realistis dan staf teknis dapat melanjutkan dengan perancangan, implementasi, dan pengujian (Wiegers, 2003)
  •  Membangun pemahaman tentang karakteristik ranah permasalahan dan sekumpulan kebutuhan untuk menemukan solusi.
  Sumber
https://sites.google.com/site/analisiskebutuhansoftware/analisis-kebutuhan-adalah 

  

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi, Analisis Sistem, Kebutuhan Dan Kebutuhan Perangkat Lunak."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel